Selamat Datang Di farhanvanhouten.blogspot.com

Sabtu, Desember 04, 2010

Otak Kanan Mencipta Puisi Otak Kiri Menghitung Uang

Pernahkah Anda bertanya, apa jadinya tubuh kita tanpa otak? Jawabannya bisa jadi nol besar. Sebab, selain hati yang mengatur setiap gerak kita adalah otak manusia. Mulai dari kedipan mata, mengingat nama sampai merencanakan masa depan adalah kerjanya. Konon menurut salah satu penelitian, otak manusia jika dijadikan chips komputer memerlukan lima kali ukuran bumi. Luar biasa. Otak manusia terdiri dari dua belahan, otak kiri dan otak kanan. Otak kiri berfungsi untuk melakukan hal-hal yang bersifat akademis seperti berhitung, analisa, mengingat nama dan peristiwa. Sedangkan otak kanan berfungsi sebaliknya. Imajinatif, menikmati keindahan, dan mengendalikan emosi adalah bagian kerja otak kanan.



Uniknya, pembagian kerja dua belah otak diatas tidak mulai dari Anda lahir. Ketika pertama kali bayi manusia dilahirkan, kedua belah otaknya mempunyai fungsi yang sama, menjadi otak kanan. Kemudian beberapa saat setelah itu, baru yang satu dengan yang lain menemukan posisi dengan sendirinya. Posisi ini akan stabil dan mantap ketika manusia berusia enam sampai sembilan tahun. Setelah itu otak akan terus tumbuh tapi tidak berkembang.

Perkembangan otak manusia akan tercapai secara maksima jika ia dirangsang dengan maksimal pula. Otak kiri misalnya, akan tumbuh dengan rangsangan sekolah, belajar, menulis dan berhitung. Sedangkan otak kanan bisa dirangsang dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat intuitif. Misalnya menikmati keindahan, musik, lukisan, puisi dan beberapa macam kegiatan seni lainnya.

Jadi sebetulnya tidak ada alasan jika ada yang bilang, "Saya tidak suka matematika" atau "Saya tidak bisa mencipta puisi" sebab Allah yang maha kreator telah menciptakan semua sarana. Tinggal kita saja, hendak memakai fasilitas atau membuangnya sia-sia.(her)

Sumber: eramuslim.com

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Farhanvanhouten.blogspot.com